Senin, 06 Oktober 2014

All About Rajungan, Real Deal

Hi guys, entah sudah kapan terakhir saya posting di sini. Saya sebenarnya selalu memantau perkembangan blog ini dan banyak sekali yang ingin saya posting. Kali ini saya akan sharing pengetahuan saya tentang Rajungan. Sudah pada tahu rajungan itu apa? Ini dia.
Klik untuk memperbesar. Credit foto: DCP
Rajugan ini berbeda dengan yang namanya kepiting pada umumnya. Dari segi pengklasifikasian saja rajugan dan kepiting ini sudah berada pada kelompok yang berbeda. Apabila rajungan termasuk pada genus Portunus, kepiting (lumpur) termasuk pada genus Scylla.

Saya merasa beruntung keluarga saya bekerja pada bidang ini. Karena ini merupakan suatu yang eksotis menurut saya. Memperlajari hal yang memang sangat aplikatif membuat saya tidak bosan-bosan mencari informasi tentang krustasea yang memiliki daging yang manis ini. Pada gambar di atas, saya juga mengutip pendapat ahli yaitu Kordi. Nampaknya beliau memang meneliti spesies ini secara intensif hingga ke deatil yang tidak saya pikirkan sebelumnya

Sebagai contoh, dari dulu saya berpikiran bahwa rajugan betina itu warnanya coklat, dan Kordi menyatakan bahwa warna dasarnya adalah hijau, dan ternyata memang benar setelah saya teliti lebih lanjut lagi.

Mungkin ada yang bertanya-tanya juga bahwa kenapa rajungan akan berwarna orange setelah dimasak. Jawabannya adalah karena semua pigmen yang ada pada rajungan akan hilang apabila terkena panas terkerkecuali astaxantin. Sudah terjawab bukan?

Foto di atas saya ambil dengan menggunakan kamera DSLR Canon 1100D dengan lensa kit 17-55mm IS. Kemudian untuk post-production, saya menggunakan Photoscape dan juga Photoshop.

Enjoy.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentarnya ya di sini.